Header Ads

Kelas 7 Klasifikasi Makhluk Hidup (bag.1)

KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DAN BENDA TAK HIDUP

Pembelajaran pada materi ini akan dilakukan dengan “pengamatan” yang dipandu LKS 1 (klik di sini untuk membuka). Anak-anak dapat menggunakan buku siswa IPA kelas 7 semester 1 halaman 33-43, materi pada web ini, atau sumber lain sebagai literatur untuk membantu mengerjakan LKS tersebut. Selamat belajar!

Di lingkungan sekitar terdapat banyak sekali benda yang bersifat alamiah. Seperti batu, pasir, logam, dan udara. Benda-benda di sekitar. Selain bersifat alamiah, juga bersifat buatan atau hasil kerja manusia, seperti pensil, baju, bahan makanan, ban mobil, kaca, sepeda, motor, dan mobil. Benda-benda hasil buatan manusia bahan dasarnya berasal dari bahan alam. Seperti wajan untuk memasak terbuat dari tembaga yang merupakan bahan alam, pensil terbuat dari bahan karbon, dan sebagainya.  Benda-benda tersebut ada yang bersifat sederhana dan ada pula yang bersifat kompleks. Misalnya sebuah mobil bersifat kompleks  karena  terdiri  atas  berbagai bahan, antara lain besi, alumunium, karet, kaca, kulit sintetis, dan beberapa bahan lainnya.

Setiap jenis benda mempunyai sifat atau ciri yang membedakannya dari jenis benda lainnya, yaitu bentuk benda, ukuran benda, warna benda, keadaan permukaan benda, dan bahan penyusun benda. Manusia akan terus berinovasi untuk terus memproduksi berbagai jenis benda dari bahan alam maupun buatan untuk keperluan hidup nya.

Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan kelompok makhluk hidup. Antara makhluk hidup dengan benda tak hidup atau benda mati dibedakan dengan adanya gejala kehidupan. Makhluk hidup menunjukkan adanya ciri-ciri atau gejala-gejala kehidupan, sedangkan benda mati dan tak hidup tidak menunjukkan gejala-gejala kehidupan.

Secara umum, ciri-ciri yang ditemukan pada makhluk hidup adalah bernapas, bergerak, makan dan minum, tumbuh dan berkembang, berkembang biak, mengeluarkan zat sisa, peka terhadap rangsang, serta menyesuaikan diri terhadap lingkungan.

 

 

^Bagi pengguna smartphone, untuk menuju slide berikutnya bisa klik tombol panah di bawah slide atau dengan cara menyentuh bagian slide-nya. Agar tampilan agak besar, bisa diseting lebih dulu tampilan layar agar auto rotate. Posisikan smartphone pada posisi landscape. Bagi yang menginginkan tampilan yang lebih besar, bisa diakses menggunakan laptop atau PC.

 

----------pertemuan 2---------- 

PENGKLASIFIKASIAN MAKHLUK HIDUP

Pastinya kalian pernah pergi ke supermarket atau pasar tradisional kan? Apakah kalian memperhatikan bagaimana para pedagang mengelompokkan dagangannya? Ada kelompok makanan, minuman, sayuran, snack, dan lain sebagainya. Lalu, coba perhatikan hewan-hewan di sekitarmu! Bukankah hewan-hewan itu juga dikelompokkan menjadi hewan piaraan, hewan ternak, dan hewan liar?

Masih banyak lagi aneka ragam makhluk hidup yang ada di bumi yang beragam jenis sifat serta ciri-cirinya. Bagaimana kita mengelompokkan makhluk hidup yang beragam itu?

Ternyata, untuk mempermudah dalam mempelajari keanekaragaman makhluk hidup tersebut, manusia melakukan pengelompokan makhluk hidup yang disebut klasifikasi.

 

 

Bagaimana pemanfaatan kunci determinasi yang telah ada? Gimana sih cara menggunakan kunci determinasi? Yuk simak video berikut ini.

https://www.youtube.com/watch?v=5nrJAhytzYU&t=322s

 

Setelah membaca materi di atas, buatlah rangkuman di buku catatan IPA kalian. Lalu kirimkan hasilnya melalui link berikut ini! http://gg.gg/LKSIPA-2

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.