Header Ads

Kelas 7 Klasifikasi Makhluk Hidup (bag. 2)

SISTEM KLASIFIKASI 5 KINGDOM

 

Selain sistem klasifikasi yang telah kita pelajari kemarin, ada pula sistem klasifikasi yang dikenalkan oleh R.H. Whittaker. R.H. Whittaker membagi makhluk hidup menjadi 5 kingdom : Kingdom Monera, Kingdom Protista, Kingdom Fungi (Jamur), Kingdom Plantae (tumbuhan), dan Kingdom Animalia. Sudah familiar dengan istilah kingdom, kan? Sekarang, yuk kita pelajari masing-masing kingdom tersebut!

Pada pertemuan ini, kita fokus mempelajari 2 Kingdom terlebih dahulu yaa.. Apa saja?

  1. Kingdom Monera
  2. Kingdom Protista

 

 

^Bagi pengguna smartphone, untuk menuju slide berikutnya bisa klik tombol panah di bawah slide atau dengan cara menyentuh bagian slide-nya. Agar tampilan agak besar, bisa disetting lebih dulu tampilan layar agar auto rotate. Posisikan smartphone pada posisi landscape. Bagi yang menginginkan tampilan yang lebih besar, bisa diakses menggunakan laptop atau PC.

Bagaimana? Apakah sudah paham dengan materi ini? Untuk mengecek pemahaman anak-anak, yuk coba ke

rjakan LKS 3 berikut! (klik disini)

 

-----pertemuan 4-----

 

Pada pertemuan sebelumnya, kita sudah belajar tentang kingdom Monera dan Protista. Kalian masih ingat kan, perbedaan mendasar keduanya?

Selain kedua kingdom tersebut, ternyata masih ada 3 kingdom lagi yang belum kita pelajari.

Khusus pertemuan ini, kita akan membahas tentang kingdom Fungi dan Plantae. Coba simak video berikut!

https://youtu.be/l3bY8mAeqCE

Setelah menonton, memahami, dan mencatat hal-hal penting dari video tersebut di buku catatan IPA mu, kerjakan LKS 4 berikut! (klik disini)

.

-----pertemuan 5-----

 

Wah, tidak terasa pembahasan mengenai Sistem Klasifikasi 5 Kingdom sudah hampir selesai! 4 dari 5 kingdom sudah dipelajari, coba cek ingatan dulu yuk, hehehe.

Bagaimana? Masih ingat? Atau, sudah ingat kembali?

Sekarang, apakah kamu sudah tidak sabar mempelajari kingdom Animalia? Yuk, bisa langsung simak video di bawah ini ya!

https://youtu.be/OvnjfZ9z0pY

Setelah menonton, memahami, dan mencatat hal-hal penting dari video tersebut di buku catatan IPA mu, kerjakan LKS 5 berikut! (klik disini)

.

-----pertemuan 6-----

 

Akhirnya, tuntas sudah pembelajaran mengenai sistem klasifikasi 5 kingdom. Bagaimana? Semakin mengetahui bahwa ternyata ada beragam makhluk hidup di bumi ini? Masih ingat dengan makhluk hidup mikroskopis, kan? Coba jawab pertanyaan di bawah ini dulu, ya!

Sekarang, kita akan mempelajari tentang mikroskop supaya dapat memanfaatkan alat bantu tersebut untuk mengamati makhluk hidup mikroskopis atau objek lainnya. Siap? Siap tidak siap, yuk simak video di bawah ini! Hehehe.

https://youtu.be/NonAjuHzJ80

Setelah menonton, memahami, dan mencatat hal-hal penting dari video tersebut di buku catatan IPA mu, kerjakan LKS 6 berikut! (klik disini)

 

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.